Home / Agenda & Acara / Siswa Akhir KMI Gontor 7 Lakukan Study Tour Ke Makassar

Siswa Akhir KMI Gontor 7 Lakukan Study Tour Ke Makassar

Rombongan Study Tour saat di pabrik Sirup Markisa Karaeng.

Sebanyak 79 siswa akhir KMI (Kulliyyatul Mua’allimin Al-Islamiyyah) Pondok Modern Gontor 7 Riyadhatul Mujahidin Kendari berkunjung ke Makassar, dalam rangka Economic and Education Study Tour, atau yang biasa disebut Rihlah At-Tarbawiyah Al-Iqtishodiyyah di kalangan santri Pondok Modern Darussalam Gontor. Kegiatan ini merupakan salah satu proses pendidikan yang wajib diikuti oleh seluruh santri kelas 6 sebelum acara yudisium kelulusan pada tanggal 10 Ramadhan nanti.

Pimpinan rombongan Ust. Arifuddin, S.Ag mengatakan, tujuan kegiatan ini sesuai dengan wasiat salah satu Trimurti Pondok Modern Darussalam Gontor “Alumni Gontor jangan bercita-cita jadi pegawai, tetapi bercita-citalah untuk menciptakan lapangan pekerjaan. itu adalah pesan yang disampaikan untuk para alumni Gontor, itulah salah satu tujuan mengapa rihlah ini diadakan” ungkapnya.

Ustadz Arifuddin menyerahkan cinderamata kepada pemilik Warkop LimaSatu.

Adapun objek-objek yang dikunjungi oleh rombongan study tour ini adalah, usaha-usaha yang dimiliki oleh para alumni Gontor yang berada di kota Makassar yaitu, Coto Sunngu 2 milik Abdul Karim alumni 1999, Warung Kopi LimaSatu milik Risdam Rahim alumni 2003, Pabrik Sirup Markisa Karaeng milik H. Muh. Akram Ramli alumni 2009, Catering Queen milik Khaidir alumni 2006, Biro Perjalanan Umroh dan Haji Arrafsyah milik H. Ardiansyah Arsyad alumni 2010.

Selain mengunjungi objek-objek yang bergerak di bidang perekonomian, rombongan siswa akhir ini juga mengunjungi media cetak dan elektronik seperti harian Tribun Timur, dan harian Fajar. Perguruan tinggi Institut Parahikma Indonesia (IPI) yang didirikan oleh alumni Gontor Prof. Dr. Azhar Arsyad, MA. juga menjadi salah satu objek kunjungan kali ini, tujuan kunjungan ke perguruan tinggi adalah, memberi wawasan kepada para santri dalam memilih jurusan perkuliahan yang akan mereka ambil kelak.

Prof. Dr. Azhar Arsyad, MA (tengah) saat menerima rombongan.

Pada hari terakhir kegiatan study tour ini, mereka berencana untuk mengunjungi perkebunan Strawberry yang berada di dataran tinggi Malino, setelah sebelumnya mereka juga melakukan kunjungan ke Benteng Rotterdam Makassar. “Jadi, semua obyek kunjungan rihlah ini harus mengandung unsur-unsur pendidikan, baik pendidikan ekonomi, jurnalisme, sejarah, dan dunia akademik” tutur Ustadz Saputra pembimbing siswa akhir KMI 2018.

 

@R-82

 

About Admin IKPM

Check Also

Konsulat Sumapua Adakan Pentas Seni, Ini Harapan Ketua IKPM Sulselbar.

Konsulat Sumapua (Sulawesi, Maluku, Papua) santri Pondok Modern Darussalam Gontor mengadakan pentas seni, yang dirangkaikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *